Codeigniter adalah

Codeigniter adalah

Codeigniter adalah

Berdasarkan data yang diperoleh dari codeigniter.com, CodeIgniter adalah framework PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk developer yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap.

Codeigniter dikembangkan pada tahun 2006 untuk pertama kali nya oleh Rick Ellis.

Codeigniter dikenal dengan kecepatannya, folder installasi nya saja hanya berukuran 2 MB lebih dalam bentuk zip. Setelah di extract ukuran folder installasi nya menjadi belasan MB saja. Itu pun karena ada folder user guide nya. apabila folder user guide nya dihapus maka ukuran folder installasi nya hanya sekitar 2 MB saja. kecil bukan?

Inilah salah satu kelebihan dari codeigniter.

Framework ini dikenal dengan model MVC (Model View Controller), fungsinya adalah untuk membagi pekerjaan berdasarkan jenis nya.

Penjelasan singkat dari model MCV di Codeigniter adalah :

1. Model

Model berhubungan dengan database atau query. Penulisan query bisa dilakukan di bagian Model ini. Baik menggunakan query biasa atau menggunakan query builder bawaan dari codeigniter.

2. Controller

Controller adalah penghubung antara Model dan View. biasanya Controller berisi logic. Idealnya Controller menggambarkan proses bisnis secara keseluruhan.

3. View

View sendiri berhubungan dengan tampilan untuk ditampilkan di browser. Oleh karena view berhubungan dengan browser (client side) sehingga bahasa yang digunakan di view biasanya html, css, dan javascript.
Walaupun view peruntukan nya adalah untuk tampilan tetapi script PHP tetap bisa berjalan. menarik bukan?

 

Walaupun sudah dilakukan pembagian pekerjaan tapi tidak menutup kemungkinan untuk membuat script tidak pada bagian yang sudah menjadi aturan MVC, seperti

– Membuat query di controllers
– Membuat query views

tergantung dari gaya programmer itu sendiri, tapi idealnya adalah menempatkan script berdasarkan pembagian yang sesuai agar lebih terstruktur dan mudah dibaca oleh programmer lainnya, sehingga waktu untuk melakukan bug fixing, hadover ke programmerlain, atau enhance aplikasi menjadi lebih mudah.

Sekian penjelasan singkat codeigniter.

Referensi :
https://codeigniter.com/
https://idcloudhost.com/panduan/mengenal-apa-itu-framework-codeigniter/

 

Baca artikel lainnya di :

https://sekolahbelajar.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *